Sukses

Warga Palestina Ziarah ke Al Aqsa di Jerusalem

Warga Palestina tak ingin menyia-nyiakan kesempatan beribadah di Masjid Al-Aqsa, salah satu masjid terpenting umat Islam yang ada di Kota Tua Jerusalem. Namun Israel memperketat pengawasan bagi peziarah.

Liputan6.com, Yerusalem: Bulan suci Ramadan hampir berakhir, membuat warga Palestina tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan itu untuk beribadah di Masjid Al Aqsa. Sayangnya, salah satu dari dua masjid terpenting umat muslim itu terletak di Kota Tua, Jerusalem. 

Banyaknya warga Palestina yang ingin mengunjungi Masjid Al Aqsa menyebabkan pemerintah Israel memperketat keamanan di perbatasan Jerusalem, Kamis (16/8). Israel hanya memberikan izin masuk bagi 16.700 orang dan menurunkan batas usia.

Otoritas keagamaan Israel mengatakan, sekitar setengah juta orang mengunjungi situs paling suci ketiga dalam agama Islam, selain Mekkah dan Masjid Al-Harram. Kebanyakan dari mereka berasal dari Tepi Barat. Mereka masuk ke wilayah Kota Tua melalui pos pemeriksaan di kawasan sisi Timur Jerusalem.

Kebijakan pembatasan akses masuk ini telah diberlakukan secara berkala melalui kuota, usia atau kondisi tempat tinggal. Namun, aturan baru tersebut hanya berlaku untuk beberapa hari terakhir bulan Ramadan. Selanjutnya, larangan mengunjungi situs tersebut kembali diberlakukan.

Selama ini, umat Muslim di Palestina dan di daerah pendudukan Israel semakin sulit melaksanakan ibadah dengan adanya berbagai larangan dan pembatasan tersebut. (haaretz/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.