Sukses

Ribuan Pemudik Bertolak ke Bima

Arus mudik melalui Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Sulsel, mulai dipadati ribuan pemudik tujuan Bima, NTB. Sedangkan di Medan, Sumut, Bandara Polonia siang tadi kedatangan ratusan TKI yang tiba dari Malaysia.

Liputan6.com, Makassar: Empat hari menjelang Lebaran atau H-4, sekitar 2.000 pemudik memadati terminal Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (15/8). Mereka adalah para perantau asal Bima, Nusa Tenggara Barat, yang akan kembali ke kampung halaman dengan menaiki Kapal Motor Tilongkabila. 

Saat hendak naik ke kapal, para penumpang termasuk orangtua dan anak-anak terpaksa ikut berdesakan dalam antrean. Dua pintu naik ke kapal yang disediakan PT Pelni ternyata belum cukup untuk memangkas antrean. 

Di Bandar Udara Polonia, Medan, Sumatra Utara, terminal kedatangan luar negeri dipadati para pahlawan devisa yang selama ini mengadu nasib di Negeri Jiran. Setibanya di bandara, para TKI ini langsung mengisi daftar ketenaga kerjaan di posko BNP2TKI yang ada di terminal kedatangan internasional. 

Sejak dua hari lalu, para tki tiba dengan pesawat Malaysia Air Line dan Air Asia, baik penerbangan pagi yang dimulai pukul 08.00 hingga ekstra flight pukul 01.00. Diperkirakan puncak arus mudik para TKI ini akan terjadi pada H-2. 

Data 2012 yang tercatat di BNP2TKI Sumut, TKI yang bekerja di luar negeri berjumlah 15.800 orang. Mereka telah menyumbangkan remitansi atau kiriman uang ke dalam negeri senilai Rp 1,2 triliun.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini