Sukses

Sidang Isbat Idul Fitri Digelar Sabtu

Menteri Agama Suryadharma Ali menyatakan, sidang isbat penentuan Idul Fitri 1 Syawal 1433 H akan digelar pada Sabtu sore (18/8).

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Agama Suryadharma Ali menyatakan,  sidang isbat penentuan Idul Fitri 1 Syawal 1433 H akan digelar pada Sabtu sore (18/8). "Kami akan laksanakan Sabtu (18/8) sore," ujar Suryadharma seusai penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB) Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) di Kantor Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat.

Menurut Sekjen Kementerian Agama Bahrul Hayat, pelaksanaan sidang isbat pada Sabtu (18/8) sore dilandasakan pada perhitungan hisyab bahwa pada saat itu hilal sudah di atas nol derajat. "Kami kan memperhitungkan 1 Syawal dan Idul Fitri berdasarkan hisyab dan rukyat," paparnya.

Lebaran atau Idul Fitri, ujarnya, diperkirakan akan jatuh pada Minggu (19/8). Seluruh organisasi kemasyarakatan akan diundang untuk menghadiri sidang tersebut, termasuk Muhammadiyah yang pada sidang Isbat penentuan awal Ramadan lalu tidak hadir.

Bahrul membantah jika pelaksanaan sidang akan digelar tertutup sebagaimana disarankan salah satu ormas Islam saat sidang isbat penentuan awal Ramadan. Sidang itu juga akan dihadiri kalangan Badan Hisyab dan Rukyat, jelasnya. (ANT/DIAH/ARI)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini