Sukses

Masih Ada Perbaikan di Jalur Pantura

Anda yang berencana mudik Lebaran perlu mewaspadai jalur jalan yang akan dilewati. Bila tidak, Anda bisa terjebak kemacetan karena perbaikan jalan masih belum rampung. Seperti di jalur pantura Jawa Tengah yang melewati Pemalang.

Liputan6.com, Pemalang: Kegiatan pelebaran jalan di jalur pantai utara Pulau Jawa atau pantura yang melewati Lingkar Pagaran-Bandulan, Pemalang, Jawa Tengah, hingga Ahad (12/8), belum rampung sepenuhnya. Padahal, saat ini sudah memasuki arus mudik Lebaran.

Berdasarkan pantauan SCTV, para pekerja masih tampak sibuk bekerja dengan alat berat. Material pun masih menumpuk di ruas jalan yang diperbaiki sepanjang lima kilometer itu.

Jalur tersebut termasuk salah satu titik kemacetan arus mudik selama ini. Selain ruas jalan sempit, hanya bisa digunakan satu jalur.

Saat ini polisi berupaya mengantisipasi kemacetan dengan mengalihkan arus lalu lintas dari Semarang menuju Jakarta, melalui Jalur Lingkar Selatan. Namun, kondisi jalan di jalur ini juga rusak dan bergelombang, sehingga dikeluhkan banyak pengguna jalan. Sementara, Jalur Lingkar Pagaran-Bandulan hanya akan dilalui kendaraan dari arah sebaliknya.

Agar nyaman di perjalanan menuju kampung halaman, para pemudik diimbau ekstra hati-hati saat memasuki wilayah Pemalang karena kondisi jalan cukup membahayakan.

Imbauan kewaspadaan juga ditujukan kepada pemudik yang akan ke Sumatra melalui Jalur Lintas Barat. Sebab, Jembatan Tenumbang di Kecamatan Pesisir Selatan yang berada di perbatasan Lampung Barat-Bengkulu, jebol dan belum ada perbaikan.

Agar tak terjadi kemacetan parah, warga berinisiatif menambalnya dengan batang kelapa. Kendati demikian, jika pengemudi tidak berhati-hati, kendaraan bisa terperosok.

Kerusakan jembatan ini sudah berlangsung lama, namun belum ada perbaikan, sehingga jalur ini sepi dilewati kendaraan. Padahal, Jalur Lintas Barat menjadi alternatif bagi pemudik yang ingin menghindari Jalur Lintas Sumatra yang juga rusak.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini