Sukses

Iran Siapkan Skenario Pascakejatuhan Assad

Iran ternyata telah menyiapkan skenario di Suriah pascajatuhnya Presiden Suriah Bash Al-assad.

Liputan6.com, Teheran: Iran ternyata telah menyiapkan skenario di Suriah pascajatuhnya Presiden Suriah Bash Al-assad. Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran Saeed Jalili dan Menteri Luar Negeri Iran bertemu dengan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan dan pejabat Turki lainnya untuk membahas masalah ini.

Media haaretz mewartakan, Rabu (8/8), Iran memperingatkan Turki dan sekutu-sekutunya bahwa posisi mereka yang berlanjut pada konflik Suriah akan memicu pecahnya kekerasan di Suriah. Selanjutnya, Rusia dan Cina diharapkan untuk berpartisipasi dalam sebuah konferensi untuk negara-negara "posisi realistis tentang situasi di Suriah" di Teheran, Iran. Konferensi ini dimaksudkan untuk menjadi penyeimbang terhadap kelompok lain dari negara-negara yang mendukung oposisi Suriah.

Iran menyiapkan skenario tersebut karena Iran telah memperkirakan bahwa koalisi pro-Assad sedang menuju kehancuran. Hal itu bisa dilihat pada sikap Rusia. Selama dua minggu terakhir, Rusia tidak membuat pernyataan mendukung Assad atau rezim Suriah. (MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini