Sukses

Colenak, Menu Cocok untuk Takjil

Colenak, biasa dipanjangkan menjadi dicocok enak, merupakan rasa sensasi tape bercampur legit gula merah yang cocok untuk takjil berbuka.

Liputan6.com, Tasikmalaya: Colenak menjadi penganan tradisional yang juga populer di kalangan pecinta kuliner di kawasan Jawa Barat. Menu ini dapat dengan mudah dijumpai di antaranya di Tasikmalaya, Jawa Barat. Colenak, biasa dipanjangkan menjadi dicocok enak, merupakan rasa sensasi tape bercampur legit gula merah yang cocok untuk takjil berbuka.

Colenak merupakan penganan dengan tape sebagai bahan utamanya. Namun seorang pedagang di Tasikmalaya mengatakan kepada reporter SCTV Mohammad Achir, belum lama ini, belakangan selain tape juga ada pisang. "Sekarang agak modern pake pisang kalau dulu kan enggak pake pisang."

Proses pembuatan colenak membakar tape. Setelah dibakar mengiris tape menjadi potongan kecil. Setelah itu dicampur kuah gula aren yang kuahnya sudah dicampur bahan lain seperti daun pandan, kelapa yang sudah diparut dan gula pasir.

Pembuatan cukup mudah dan tak banyak makan waktu. Colenak pun siap dihidangkan.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.