Sukses

Dua Tentara Selandia Baru Tewas di Afghanistan

Selandia Baru kehilangan dua tentaranya yang terlibat pertempuran di Afghanistan. Dua tentara tersebut tewas dan enam orang lainnya terluka dalam kontak senjata di Provinsi Bamiyan, Afghanistan tengah.

Liputan6.com, Wellington: Selandia Baru kehilangan dua tentaranya yang terlibat pertempuran di Afghanistan. Dua tentara tersebut tewas dan enam orang lainnya terluka dalam kontak senjata di Provinsi Bamiyan, Afghanistan tengah. Informasi tersebut telah dikonfirmasi kebenarannya oleh pejabat setempat, Ahad (5/8).

Menurut sumber di Angkatan Pertahanan Selandia Baru, para prajurit itu diserang saat mereka akan membantu pasukan keamanan lokal yang bertempur para gerilyawan di dekat desa di selatan Do Abe. Insiden itu terjadi sekitar pukul 07.00 GMT Sabtu (4/8).

"Dua personel sedang bertugas dengan Tim Rekonstruksi Provinsi Selandia Baru (PRT) di Afghanistan telah tewas dalam satu insiden di timurlaut Provinsi Bamiyan," kata pernyataan itu.

Sementara itu enam personel militer lainnya telah dievakuasi ke rumah sakit militer. Selain dua tentara asal Selandia Baru, dua orang personel keamanan lokal juga tewas dan 11 orang termasuk seorang warga sipil terluka.

"Kami sangat sedih dengan kehilangan ini, dan atas nama seluruh Angkatan Pertahanan Selandia Baru, saya ucapkan simpati terdalam saya kepada rekan, keluarga, dan teman-teman dari personil yang terlibat," kata kepala pertahanan Letjend Rhys Jones.

Pemerintah Selandia Baru mengatakan 145 tentara di Bamiyan akan ditarik pada tahun 2013-an, setahun lebih cepat dari jadwal, setelah membuka jalan bagi sebuah awal peralihan kepada pemerintah daerah. (ANT/AFP/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.