Sukses

Lagi, Iran Uji Coba Rudal

Iran kembali meluncurkan rudal jarak dekat Fateh-110. Rudal tersebut berhasil mencapai Teluk Persia dan Laut Oman.

Liputan6.com, Teheran: Menteri Pertahanan Iran Ahmad Vahidi menyatakan negaranya baru saja menguji coba peluru kendali (rudal) jarak dekat. Menurutnya, tembakan rudal tersebut lebih akurat dari model sebelumnya.

Di tayangan televisi pemerintah Iran, diperlihatkan peluncuran rudal Fateh-110 yang bertolak sejauh 300 kilometer. Rudal tersebut berhasil sampai di target, yakni di Teluk Persia dan Laut Oman.

Menurut Vahidi, sistem baru rudal ini dapat memungkinkan rudal untuk bergerak ke darat maupun laut. Dia menambahkan bahwa Iran akan terus mengembangkan sistem dari roket kendali itu.

Amerika Serikat dan negara-negara Eropa tengah memberikan sanksi ekonomi kepada Iran, terkait program nuklir yang dikembangkan negara yang dipimpin Ahmadinejad itu. Sebagai tanggapan atas sanksi tersebut, anggota dewan konservatif menyatakan, Iran akan memblok Selat Hormuz, sebagai jalur penghubung antara dunia Barat dan Timur Tengah.

Beberapa pengamat politik dunia mengatakan, peluncuran rudal yang dilakukan Iran ini merupakan upaya unjuk gigi negara tersebut terhadap AS dan Israel. Sebelumnya, Iran juga menguji coba rudal yang ditujukan untuk memperingatkan negara Barat yang selama ini memusuhinya [baca: Diembargo, Iran Luncurkan Rudal]. (NHK/IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini