Sukses

Topan Saola Melanda Taiwan, Lima Orang Tewas

Topan Saola yang melanda Taiwan, menewaskan lima warga. Sementara, ribuan warga lainnya diimbau meninggalkan rumah agar terhindar dari bencana tanah longsor.

Liputan6.com, Taipei: Topan Saola yang melanda Taiwan pada Kamis (2/8) kemarin, telah menewaskan lima warga. Hujan deras dan angin kencang yang ditimbulkan oleh Saola juga mengakibatkan 6.000 orang harus meninggalkan rumah untuk mengungsi.

Pusat Biro Cuaca Taiwan mengatakan, Saola menerpa pertama kali di bagian timur Taiwan pada Kamis dan berbelok ke arah utara. Kemudian cuaca buruk tersebut merembet menaungi pantai timur pada hari berikutnya. Bahkan di beberapa daerah, curah hujan dilaporkan mencapai lebih dari 1.700 milimeter sejak Selasa silam. Kondisi ini membuat rumah dan kendaraaan terendam, sehingga akses jalan terhambat.

Berdasarkan informasi lembaga penanganan bencana di Taiwan, selain menewaskan lima warga, longsor dan banjir juga membuat 16 orang cedera. Sementara, dua orang yang hilang hingga saat ini masih belum ditemukan.

Selain mengimbau ribuan warga untuk mengungsi agar terhindar dari bencana longsor, pemerintah juga telah membatalkan puluhan jadwal penerbangan. Di bandar udara internasional yang terletak di pinggiran Kota Taipei, sebuah jembatan juga dilaporkan runtuh akibat diterpa embusan angin yang begitu kuat.(TNT/ANS/NHK)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.