Ambon Diguncang Gempa Susulan

on Jul 29, 2012 at 22:15 WIB

Liputan6.com, Ambon: Gempa kembali mengguncang Ambon. Gempa tektonik dengan kekuatan dirasakan cukup kuat kembali menguncang Ambon, sehingga membuat panik masyarakat.

Gempa pertama  pada Minggu (29/7) pagi, sekitar pukul 10.12 WIT berkekuatan 3,6 skala Richter, lokasi 3.7 LS-128.22 BT di laut 7 KM Timur Laut Ambon. Dirasakan setempat (MMI)II-III di Ambon.

Guncangan gempa kedua berdasarkan data BMKG berkekuatan 3,3 SR, sekitar pukul 15.05 WIT. Pusat gempa 3.71 LS - 128.19 BT atau 6 KM Timur Ambon.

Guncangan gempa dirasakan cukup kuat itu mengakibatkan warga panik sambil berlarian keluar rumah. Mereka khawatir terjadi gempa susulan karena sudah dua kali sehingga berlarian ke halaman rumah.

Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami karena terletak pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Pasifik, Indo Australia dan Eurasia.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia, bertemu dengan Lempeng Pasifik sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan.

Daerah-daerah rawan gempa di Maluku di antaranya wilayah-wilayah bagian tenggara, Pulau Ambon, Seram dan Buru. Sedangkan pusat patahan di antaranya berada di Laut Ambon dan Seram Bagian Barat (SBB). (FRD)
Suka artikel ini?

0 Comments