Sukses

Cuaca Panas Ekstrim Melanda Jepang, Empat Tewas

Empat orang dilaporkan tewas akibat cuaca panas ekstrim melanda Jepang. Suhu mulai dari 32,3 hingga 38,4 derajat celcius dilaporkan telah melanda sebagian besar wilayah Jepang.

Liputan6.com , Tokyo: Cuaca panas ekstrim melanda sebagai besar wilayah Jepang. Empat warga dilaporkan meninggal akibat tak dapat menahan serangan panas yang terjadi pada Sabtu (28/7) waktu setempat dalam suhu 38,4 derajat Celcius. 

Tewasnya keempat korban tersebut terjadi ketika sekitar 1.337 warga di seluruh negeri dilarikan rumah sakit. Warga yang mengunjungi rumah sakit sekitar pukul 20.00 waktu setempat dideteksi menderita penyakit serupa, yakni terkena serangan panas. Selain korban tewas, tiga warga berusia lanjut juga dikabarkan dalam keadaan tak sadarkan diri. 

Seperti dilaporkan laman NHK, Ahad (29/7), dari kantor cuaca setempat, suhu sebesar 38,4 derajat Celcius itu dilaporkan melanda Kota Tatebayashi di Prefektur Gunma, utara Tokyo. Sementara suhu 37,5 derajat Celcius dilaporkan telah melanda bagian barat daya kota Kyoto. Sementara di Sapporo, Hokkaido, Jepang utara, serangan panasnya mencapai 32,3 derajat. 

Melihat kondisi tersebut, pejabat dari kantor cuaca pun memperkirakan sebagian besar wilayah Jepang masih akan dilanda serangan cuaca panas ekstrim pada hari ini. Guna menghindari serangan panas pada tubuh, pihak terkait merekomendasikan agar warga meminum cukup air serta mengonsumsi garam dengan jumlah tepat. Dan yang tak kalah penting, mereka juga diimbau untuk menyalakan pendingin ruangan agar tak terlalu terasa panas.(BOG)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.