Sukses

Iran Kirim Pasokan Energi ke Suriah

Menteri Energi Iran Majid Namjou menyatakan, selain memberi pasokan minyak, Iran juga akan membantu Suriah membangun kembali pembangkit listrik yang telah hancur akibat pemberontakan.

Liputan6.com, Teheran: Dalam konflik berkepanjangan antara pemerintah dan pemberontak di Suriah, Iran berada di posisi Presiden Bashar al Assad. Pejabat Iran mengatakan akan memberikan pasokan energi listik untuk pemerintah Suriah.

Seperti dilansir NHK, Ahad (29/7), tindakan ini merupakan kesepakatan antara delegasi Suriah dan Iran dalam dialog yang dilakukan di Teheran sejak Rabu silam.

Menteri Energi Iran Majid Namjou menyatakan bahwa Iran tidak akan membiarkan pemerintah Suriah yang tengah menghadapi masa sulit. Menurut dia, selain memberi pasokan minyak, Iran juga akan membantu Suriah membangun kembali pembangkit listrik yang telah hancur akibat pemberontakan.

Bila Iran berada di kubu pemerintah Suriah, lain lagi bagi Amerika Serikat, Uni Eropa, dan negara-negara besar di Timur Tengah, seperti Arab Saudi yang berada di kubu pemberontak. Baru-baru ini, Arab Saudi menggalang dana yang akan digunakan untuk membantu para pemberontak dalam melawan rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad [baca: Arab Saudi Danai Pemberontak di Suriah].(RZK/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.