Sukses

Tambang Meksiko Meledak, Tujuh Pekerja Tewas

Tujuh pekerja tambang yang terjebak di satu tambang batu bara tewas akibat ledakan Rabu (25/7) pagi di Kota Kecil Muzquiz di Negara Bagian Coahuila, Meksiko utara, kata polisi setempat.

Liputan6.com, Mexico City: Tujuh pekerja tambang yang terjebak di satu tambang batu bara tewas akibat ledakan Rabu (25/7) pagi di Kota Kecil Muzquiz di Negara Bagian Coahuila, Meksiko utara, kata polisi setempat.
 
Ledakan itu terjadi pukul 08.30 waktu setempat (20.30 WIB) dan tampaknya disebabkan oleh kantung penumpukan gas di dalam tambang sedalam 73 meter tersebut.
 
Pejabat Keamanan Masyarakat Coahuila Jorge Luis Moran mengkonfirmasi para petugas telah menemukan mayat tujuh pekerja tambang, yang berusia antara 20 dan 39 tahun. Semua mayat itu telah dibawa ke pusat forensik setempat untuk diotopsi.

Ledakan paling akhir tersebut kembali menyoroti kondisi berbahaya di banyak tambang di seluruh Meksiko utara, terutama Coahuila, demikian laporan Xinhua, Kamis (26/7).
 
Beberapa sumber media mengatakan para penyelidik pada masa lalu telah mendenda operator tambang batu bara, perusahaan tambang El Progreso, karena gagal memenuhi standar keselamatan.

Beberapa menit sebelum ledakan, Gubernur Negara Bagian Coahuila Ruben Moreira mengatakan kepada wartawan dalam satu acara resmi bahwa ia ingin pemerintah negara bagian dan federal bekerja sama untuk meningkatkan keselamatan pekerja tambang.

Salah satu kecelakaan terburuk tambang batu bara dalam beberapa tahun belakangan terjadi pada Februari 2006 di tambang Pasta de Conchos, Coahuila, tempat 65 pekerja tambang tewas oleh satu ledakan gas metana.(ANT/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.