Sukses

Buruh Surya Dave Plastec Tolak Sistem <em>Outsourcing</em>

Ratusan buruh PT Surya Dave Plastec di Sidoarjo, Jatim, berunjuk rasa menuntut penghapusan sistem outsorcing. Sempat terjadi kericuhan saat polisi berusaha membubarkan aksi para buruh.

Liputan6.com, Sidoarjo: Ratusan buruh PT Surya Dave Plastec yang berlokasi di Industri Berbek, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (25/7), berunjuk rasa di depan pabrik. Aksi buruh diawali dengan menduduki pintu gerbang pabrik dan berjoget di tengah jalan. Menjelang petang, polisi berusaha membubarkan aksi dengan memaksa seluruh buruh masuk ke dalam pabrik. 

Kericuhan tidak dapat dihindari karena buruh tetap bertahan di depan gerbang pabrik. Sejumlah buruh laki-laki saling dorong dengan polisi dan beberapa di antaranya dibawa polisi ke pabrik lain yang berada diseberang PT Surya Dave Palstic. Sementara dua buruh wanita pingsan. Polisi pun berupaya mengevakuasi pemilik pabrik dan dua karyawan asingnya asal Singapura yang sudah beberapa jam terjebak di dalam pabrik. 

Buruh berjanji akan tetap menuntut penghapusan sistem outsourcing dan dikembalikannya karyawan tetap yang sudah diganti oleh karyawan outsourcing.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.