Sukses

Rusia Ingatkan Suriah Tak Pakai Senjata Kimia

Rusia memperingatkan Suriah untuk tidak menggunakan senjata kimia dalam menghadapi gerilyawan pemberontak. Rusia tetap berpihak pada pemerintahan Presiden Assad.

Liputan6.com, Moscow: Rusia memperingatkan Suriah untuk tidak menggunakan senjata kimia dalam menghadapi gerilyawan pemberontak. Sebelumnya, pemerintah Suriah mengancam akan menggunakan senjata kimia jika pihak asing campur tangan menyerang mereka.

Kendati demikian, Rusia akan tetap di pihak yang membantu Suriah. Seperti dilansir Associated Press, Rabu (25/7), selama ini Rusia telah banyak memberikan bantuan kepada pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Bersama Cina, Rusia telah menggunakan hak vetonya untuk menghadang pihak Barat, termasuk Amerika Serikat, yang berusaha untuk mengintervensi Suriah serta menjatuhkan pemerintahan Assad. Selain itu, Rusia juga diduga telah mengirimkan pasokan senjata militer ke Suriah.

Sebelumnya, Presiden Barrack Obama memperingatkan pemerintah Suriah agar tidak menggunakan senjata kimia. Simpanan senjata kimia di Suriah, yang diduga oleh negara Barat adalah salah satu yang paling banyak, yakni meliputi zat syaraf sarin, gas mustard, dan sianida. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini