Sukses

Selama Ini Sungai Batang Kuranji Jadi Andalan

Banjir bandang membuat air Sungai Batang Kuranji di Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatra Barat, kotor. Padahal, sungai ini biasanya menjadi sumber air andalan warga untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi dan mencuci.

Liputan6.com, Padang: Pascabanjir bandang, air Sungai Batang Kuranji di Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatra Barat, sangat kotor, Rabu (25/7). Banjir bandang telah membawa sampah-sampah dan menghilangkan bebatuan yang biasa menghiasi sungai.
 
Padahal, sungai ini biasanya menjadi sumber air andalan warga untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi dan mencuci. Air Sungai Batang Kuranji juga menjadi salah satu sumber pengelolaan air bersih milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat. Kini, banjir bandang mendera Selasa petang telah membuat aliran air bersih dari PDAM terhenti.
 
Dalam pantauan SCTV, sehari sebelum banjir bandang Sungai Batang Kuranji tampak tenang. Air jernih terdengar bergemericik mengalir melintasi bebatuan. Seperti biasanya, beberapa terlihat mengumpulkan batu dari sungai. Yang berbeda yakni langit di arah hulu sungai tampak gelap.
 
Dalam sekejap air deras menghantam permukiman warga sekitar sungai yang baru saja berbuka puasa. Air berwarna kuning kecoklatan itu juga menggenangi jalan raya. Warga berupaya mengevakuasi anggota keluarga mereka dan menyelamatkan barang-barang berharga.
 
Sebagian terlihat panik lantaran tidak tahu bila kerabat mereka terkena banjir bandang. Musibah terjadi akibat meluapnya sungai Batang Kuranji. Ratusan keluarga terpaksa mengungsi karena rumah mereka rusak diterjang banjir [baca: Ratusan Keluarga di Padang Mengungsi].(APY/YUS)
 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.