Sukses

IPB Jaring Mahasiswa Berkemampuan Wirausaha

Ujian Talenta Masuk Institut Pertanian Bogor menjadi upaya perguruan tinggi itu untuk menjaring mahasiswa yang mempunyai kemampuan kewirausahaan.

Liputan6.com, Bogor: Ujian Talenta Masuk Institut Pertanian Bogor (UTMI) menjadi upaya perguruan tinggi itu untuk menjaring mahasiswa yang mempunyai kemampuan kewirausahaan. "Selain itu yang punya talenta leadership atau kepepimpinan," kata Direktur Pengkajian dan Pengembangan Akademik IPB  Lien Herlina di Bogor, Jawa Barat, Ahad (22/7)

Lien menjelaskan bahwa masyarakat umum seringkali salah memahami bahwa UTMI merupakan jalur mandiri yang diselenggarakan IPB. Padahal, UTMI sebenarnya hanya salah satu dari lima jalur masuk ke IPB. "Selama ini masyarakat memahami UTMI itu ujian mandiri, padahal bukan. IPB dalam menjaring calon mahasiswa baru berkualitas melalui lima jalur," katanya.

Lima jalur itu adalah SNMPTN undangan, SNMPTN ujian tertulis, beasiswa utusan daerah (BUD), prestasi internasional nasional (PIN), dan UTMI. Menurut Lien, ujian mandiri seringkali dikonotasikan sebagai jalur masuk ke suatu perguruan tinggi tertentu dengan keharusan membayar sejumlah biaya tinggi.

"Sementara biaya pendidikan di IPB tidak ada perbedaan antara mahasiswa yang masuk dari kelima jalur tersebut, kecuali BUD," kata Lien. "Biaya pendidikan BUD agak sedikit berbeda karena menyesuaikan kesepakatan dengan pihak sponsor. Umumnya pihak sponsor meminta IPB agar para mahasiswa BUD yang terikat dinas dengan sponsor dibekali keahlian khusus."

Tentu saja, kata Lien, hal itu berimplikasi terhadap biaya pendidikan. Menurut Ketua Pelaksana UTMI itu, dibandingkan tahun 2011, pendaftar UTMI 2011 ini meningkat dua kali lipat, dari sekitar seribu menjadi 2.221 pendaftar.

"Peningkatan jumlah pendaftar ini terjadi karena dua faktor. Pertama, sosialisasi UTMI yang dilakukan IPB selama ini ke berbagai daerah terbilang masif," katanya. "Kedua, jadwal pelaksanaannya yang tepat dan mengakomodasi peserta yang tidak lolos baik dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan maupun tertulis."

Ujian pelaksanaan UTMI tahun 2012 diselenggarakan di empat lokasi, yakni Bogor, Medan, Makassar, dan Surabaya. Para peserta UTMI itu bersaing ketat untuk memperebutkan sekitar 300 bangku mahasiswa di IPB.(ANT/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.