Sukses

FPI Sweeping Jelang Ramadan

FPI melakukan sweeping di sejumlah daerah menjelang bulan puasa. Ratusan anggota FPI menggeruduk penginapan Duta Residence di Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. Mereka bahkan membawa gembok untuk menutup paksa penginapan ini.

Liputan6.com, Depok: Kapolri Jenderal Timur Pradopo menegaskan, ormas dilarang melakukan sweeping selama bulan ramadan. Namun aksi tersebut masih dilakukan sejumlah ormas di berbagai daerah.

Ratusan anggota FPI menggeruduk penginapan Duta Residence di Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. Mereka bahkan membawa gembok untuk menutup paksa penginapan ini. Upaya FPI ini coba dicegah sejumlah polisi dari Polres Depok dan Polsek Sukmajaya. Sejumlah pekerja dan satpam penginapan pun terlihat berjaga-jaga sehingga suasana memanas. FPI menuding penginapan ini kerap digunakan sebagai tempat maksiat.

Di Bandung, Jawa Barat, puluhan anggota FPI Bandung Raya merazia gudang miras di kawasan Jalan Jambal, Andir, Kota Bandung. Aksi FPI ini sempat diwarnai ketegangan antara anggota FPI dengan polisi yang mencoba menghalangi aksi mereka. Polisi yang kalah jumlah akhirnya membiarkan anggota FPI menyita ribuan botol miras.

Ratusan anggota Forum Umat Silam Tasikmalaya, Jawa Barat melakukan pawai keliling kota menyambut bulan puasa sambil menyerukan pada warga dan polisi untuk menutup tempat-tempat hiburan malam. Bila tidak, massa mengancam akan menutup paksa. Aksi sweeping seperti itu sebenarnya dilarang dan hanya boleh dilakukan polisi.

Setiap memasuki bulan ramadan, aksi sweeping seperti ini memang seringkali dilakukan sejumlah ormas. Polri menyatakan tidak segan-segan akan menindak pihak manapun yang melanggar hukum. (FRD)









* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.