Sukses

Hari Ini Digelar Sidang Itsbat

Hari ini, Kamis (19/7), pemerintah akan mengadakan sidang itsbat untuk menentukan awal puasa Ramadan 1433 Hijriah. Dalam penentuan ini ada dua pendekatan, hisab dan hilal.

Liputan6.com, Jakarta: Hari ini, Kamis (19/7), pemerintah akan mengadakan sidang itsbat untuk menentukan awal puasa Ramadan 1433 Hijriah. Dalam penentuan ini ada dua pendekatan. Penghitungan pertama bersifat matematis dan astronomis yang sering disebut hisab. Kedua dengan mengamati secara fisik penampakan hilal (bulan sabit pertama) yang merupakan pergantian bulan.

"Bahwa ini sudah ada bulan sudah bisa dilihat bulan. Sedangkan yang lain tidak melihat bulan," demikian disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia Umar Shihab. Namun di sidang itsbat sore nanti, seluruh hasil pengamatan dan perhitungan akan disatukan untuk mengambil keputusan masuknya awal Ramadan.

Sementara Muhammadiyah, memperhitungkan awal Ramadan jatuh malam nanti. Bila posisi hilal sudah di atas ufuk. "Dalam perhitungan Muhammadiyah hilal sudah di atas ufuk (tepat 19 Juli)," tutur anggota Majelis Tarjih Pengurus Pusat Muhammadiyah Ma'rifat Iman.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.