Sukses

Ritual Mengarak "Pengantin" Mengarungi Sungai

Ritual Asrah Bathin merupakan tradisi mengarak rombongan warga yang berpakaian layaknya pengantin menyusuri sungai dengan menggunakan rakit.

Liputan6.com, Grobogan: Ada sebuah ritual unik yang dilaksanakan di Grobogan, Jawa Tengah. Ritual yang melibatkan warga dua desa itu disebut Asrah Bathin yakni mengarak pelaminan di atas rakit menyusuri Sungai Tuntang.

Namun pengantin beserta rombongannya tak hendak melangsungkan upacara pernikahan. Mereka sengaja berpakaian layaknya pengantin untuk melaksanakan ritual Asrah Bathin.

Dalam ritual itu digambarkan kalau pengantin laki-laki yang datang dari Karanglangu menyeberangi sungai untuk meminang gadis asal Ngombak. Usai menyeberangi sungai, kedua mempelai dipertemukan di tepi sungai. Mereka lalu diarak menuju rumah Kepala Desa Ngombak untuk upacara pernikahan.

Layaknya pernikahan sungguhan, ada acara membasuh kaki pengantin laki-laki dengan air kembang. Sepasang pengantin itu juga diberi minum air kendi oleh kelurga dari kedua mempelai. Kemudian mereka didudukkan di pelaminan.

Puncak ritual Asrah Bathin ditandai dengan pembagian nasi dan bedak yang telah diberi doa sebelumnya. Nasi bungkus dan bedak itu selalu menjadi rebutan warga dari berbagai daerah yang sengaja datang untuk sekadar mencari berkah.

Asrah Bathin tidak bisa dilepaskan dari sejarah terjadinya dua desa tersebut. Saat itu leluhur Karanglangu hendak meminang gadis leluhur Ngombak. Namun mereka batal menikah karena belakangan diketahui kalau keduanya saudara kandung yang terpisahkan oleh bencana saat masih kecil.

Meski batal menikah, syukuran tetap digelar dan dilestarikan sampai sekarang dengan tujuan untuk menciptakan kerukunan warga di dua desa itu. Banyak berkah yang dipercaya masyarakat jika mengikuti rangkaian Asrah Bathin sehingga menyedot perhatian warga.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini