Sukses

Kirab Budaya Akhiri Pesta Kelahiran Sukoharjo

Ribuan warga Sukoharjo tumpah ruah di jalanan melakukan kirab budaya. Acara ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian perayaan ulangtahun Kabupaten yang ke-66.

Liputan6.com, Sukoharjo: Ribuan warga Sukoharjo tumpah ruah di jalanan melakukan kirab budaya. Kirab berangkat dari Kantor Bupati Sukoharjo menuju ke rumah dinas bupati yang berjarak sekitar tiga kilometer.

Dalam kirab kali ini, berbagai macam kesenian tampil meramaikan pesta budaya Sukoharjo. Antara lain, Tari Kebo Kinul yang diperagakan oleh para pemuda dengan gaya atraktif dan menghibur. Kostumnya yang unik dan tabuhan gendang bertalu-talu secara kompak mengiringi tarian ini menyusuri Jalanan Jenderal Sudirman Sukoharjo.

Selain Tari Kebo Kinul yang enerjik, ada pula Tari Jamu Gendong (Tari Mundong) yang menampilkan gerakan lemah gemulai. Tari ini mau menunjukkan Kota Sukoharjo sebagai Kota Jamu Gendong. Grup Reog di Sukoharjo pun tak mau ketinggalan ikut meramaikan pesta kirab budaya Sukoharjo.

Acara ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian perayaan ulangtahun Kabupaten yang ke-66. Kabupaten Sukoharjo yang kaya akan adat budaya itu terpisah dari Kraton Surakarta sejak 1946 silam. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini