Sukses

Berkunjung ke Mesir, Hillary Dilempar Tomat

Kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Rodham Clinton ke Konsulat AS yang baru dibuka di Kota Alexandria, diwarnai dengan aksi pelemparan tomat oleh para demonstran.

Liputan6.com, Kairo: Kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Rodham Clinton ke Konsulat AS yang baru dibuka di Kota Alexandria, Mesir, Ahad (15/7), diwarnai dengan aksi pelemparan tomat oleh para demonstran. Hillary juga diteriaki kata-kata "Monica-Monica", yang merujuk pada Monica Lewinsky, selingkuhan Bill Clinton, suami Hillary.

Rupanya, kedatangan pejabat AS tersebut sudah ditunggu oleh para demonstran. Saat rombongan tiba, mereka melempar tomat, sepatu, dan botol air putih sambil berteriak "Monica-Monica".

Menurut staf senior Gedung Putih, Clinton berhasil selamat dari lemparan massa. Sementara, seorang staf Mesir terkena lemparan tomat di wajahnya.

Dalam kunjungannya itu, Clinton bertemu dengan presiden baru Mesir Muhammad Mursi dan Kepala Militer Muhammad Hussin Tantawi. Di sana, Clinton menegaskan dukungan AS terhadap penerapan demokratisasi di Negeri Piramida.

Namun, niat AS ini ditolak oleh para aktivis dari Serikat Pemuda Revolusi Mesir. Sebab, mereka mengganggap pertemuan Clinton dengan Mursi dan Tantawi akan menciptakan perpecahan antara pemerintahan sipil dan militer.

Menanggapi protes tersebut, Clinton menegaskan bahwa AS tidak memihak siapa pun dalam peta perpolitikan Mesir. "Kami tidak ada urusannya dengan siapa pun yang menang dan kalah di negara ini. Saya datang untuk menegaskan dukungan AS terhadap rakyat Mesir dan masa depan demokrasi di negara ini," kata Clinton seperti dilansir AFP.(RZK/ANS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.