Sukses

Ribuan Buruh Bergerak ke Kantor Kemenakertrans

Ribuan buruh masih menggelar aksi unjuk rasa di sejumlah titik. Tujuan terakhir para buruh ini adalah ke Kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans).

Liputan6.com, Jakarta: Ribuan buruh masih menggelar aksi unjuk rasa di sejumlah titik. Tujuan terakhir para buruh ini adalah ke Kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans).

Pantauan SCTV, Kamis (12/7), ribuan buruh itu sudah berunjuk rasa sejak pukul 10.00 WIB.  Para buruh itu bergerak dari Bundaran Hotel Indonesia ke Istana Merdeka. Mereka pun berorasi beberapa menit di depan istana dan melanjutkan perjalanan mereka ke Kantor Kementerian Perekonomian. Namun mereka menolak beraudiensi dengan perwakilan dari Kementerian Perekonomian.

Aksi buruh ini sempat menimbulkan kemacetan di kawasan Monas, Lapangan Banteng, Veteran, dan Jalan Juanda. Polisi juga menerapkan sistem buka tutup jika pedemo melewati jalan utama.

Usai berunjuk rasa di Kantor Kementerian Perekonomian, para buruh ini menuju ke bus masing-masing dan bergerak ke Kantor Kemenakertrans di Kawasan Gatot Soebroto yang menjadi tujuan akhir mereka.

Ribuan buruh ini menuntut agar pemerintah merevisi Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Permennakertrans) Nomor 17 Tahun 2005 tentang Kehidupan Hidup Layak. Tambahan 14 poin yang ada mereka anggap masih kurang. Mereka juga menuntut pemerintah menghapus sistem kerja outsourcing. Menurut mereka, pemerintah harus tegas dengan meminta pekerja dengan objek kerjaan yang tetap agar tidak di-outsourcing-kan.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini