Boneka Jari, Hidupkan Imajinasi Si Kecil

  • Cabe Rawit
  • 0
  • 09 Jul 2012 08:12

120709acabe-rawit.jpg
Liputan6.com, Bogor: Latar belakang sebagai seorang pendidik membuat Vlorenia Octavyani berkreasi membuat sarana edukasi. Boneka jari aneka karakter mulai dari profesi, binatang, dan tumbuhan, dijadikan sarana edukasi bagi anak-anak. Kreasi seni kerajinan akan lebih bermanfaat apabila memiliki fungsi edukasi.

Boneka jari atau disebut finger puppet ini sangat berguna untuk memperkenalkan binatang-binatang pada si kecil. Selain itu bisa digunakan untuk menjadi alat peraga mendongeng pada si kecil. Boneka jari membantu mengenalkan binatang pada si kecil dan alat untuk bercerita.

Boneka Jari adalah permainan yang sangat cocok dimainkan orangtua dengan anak kecilnya, mempermudah interaksi dan komunikasi, melatih kreatifitas. Sebuah dongeng yang disampaikan secara menarik tentu akan memikat anak-anak. Acara mendongeng pun pasti semakin seru.

Boneka jari terbuat dari bahan velvet cloth (kain halus yang seperti boneka tangan). Membuatnya tak sulit. Pertama-tama sediakan bahan baku seperti kain warna-warni, benang, jarum, dan pola baju boneka dari kertas. Selanjutnya gunting kain sesuai pola baju sebanyak dua buah.

Jahit kedua sisinya lalu sambungkan boneka kepala di bagian atas baju. Boneka dihias dengan aksesoris agar mirip dengan tokoh yang dibuat. "Saya senang dengan bisnis ini karena dengan bisnis ini saya bisa menyalurkan ide-ide dan kreatifitas saya," kata Octavyani.

Boneka karya Octavyani kaya akan warna dan beragam bentuk di antaranya hewan, tumbuhan, dan profesi pekerjaan. Beragam bentuk ini diharapkan membuat anak tertarik dan tahu tentang binatang dan tumbuhan di sekitar mereka. Anak-anak juga tahu akan profesi yang dicita-citakannya.

Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan aneka ragam boneka jari ini. "Harganya terjangkau dan bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang murah dan mudah didapat," katanya. Octavyani juga membuat buku tentang panduan cara membuat boneka jari.

Dengan menggunakan sistem pemasaran langsung dan online, produk Vlorenia dari Bogor, Jawa Barat, mulai merambah ke berbagai lembaga pendidikan. OCtavyani bertekad untuk meneruskan usaha ini. "Selain membuka lapangan pekerjaan juga memberikan alternatif pendidikan anak yang lebih kreatif," katanya.(JUM)
Terpopuler