Sukses

Presiden Mesir Dilantik Hari Ini

Presiden Mesir terpilih dalam pemilihan bebas pertama di Mesir, Mohammed Mursi, dijadwalkan akan dilantik hari ini atau sepekan setelah pengumuman kemenangannya.

Liputan6.com, Kairo: Presiden Mesir terpilih dalam pemilihan bebas pertama di Mesir, Mohammed Mursi, dijadwalkan akan dilantik pada Sabtu (30/6) ini atau sepekan setelah pengumuman kemenangannya. Mohammed Mursi, kandidat dari Ikhwanul Muslimin, akan dilantik dan diambil sumpahnya sebagai presiden terpilih di hadapan Mahkamah Agung Mesir.

Dia kemudian akan berpidato di Universitas Kairo, sebelum menuju ke markas besar militer untuk secara simbolis mengambil alih kekuasaan yang sebelumnya dipegang oleh Dewan Militer. Saat berpidato di lapangan Tahrir, Jumat kemarin, yang dihadiri puluhan ribu pendukungnya, Mursi menyatakan rasa hormatnya kepada rakyat Mesir yang berjuang menggulingkan kekuasaan Hosni Mubarak, pada tahun lalu.

Di hadapan pendukungnya, Mursi bersumpah sekaligus memprotes keputusan politik yang diambil Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata Mesir yang mengeluarkan keputusan pembubaran parlemen dan pengambilan kewenangan legislatif. "Saya berjanji kepada Anda bahwa saya tidak akan menyerah pada salah satu kekuatan."

Selain berpidato di Lapangan Tahrir, Mursi melakukan salat Jumat di masjid Universitas Al-Azhar, Kairo, salah-satu kiblat pembelajaran hukum Islam Suni di dunia.

Dia juga berusaha meyakinkan warga Mesir penganut Kristen Koptik yang khawatir kemenangannya akan menjadikan Mesir sebagai negara Islam. Dalam berbagai kesempatan, Mursi berjanji untuk menunjuk seorang perempuan dan seorang Kristen Koptik sebagai wakilnya di kabinet pemerintahannya.(BBC/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.