Sukses

Produk Baliluna Disukai Eropa dan Amerika Latin

Baliluna, usaha yang dijalankan Roy dan istri bersama sejumlah karyawan memiliki pasar yang sangat bagus di mancanegara. Bahkan pasar mancanegara digarap terlebih dahulu sebelum pasar domestik.

Liputan6.com, Jakarta: Beragam suvenir khas Bali bisa dijumpai di situs pribadi baliluna. Usaha yang dijalankan Roy dan istri bersama sejumlah karyawannya memiliki pasar yang sangat bagus di mancanegara. Bahkan pasar mancanegara digarap terlebih dahulu sebelum pasar domestik.

Dijumpai SCTV, belum lama ini, Roy mengatakan produk buatannya telah diekspor ke Italia, Jerman, dan Polandai untuk kawasan Eropa. Sementara negara-negara di Amerika latin adalah Brasil, Costa Rica, dan Puerto Rico. Mulanya usaha yang dijalankan Roy khusus untuk di kawasan Bali. "Kemudian seiring berkembangnya pasar kita akhirnya ke Indonesia, kita ke seluruh nusantara."

Usaha ini naik turun. Terutama ketika memasuki tahun 2008. "Awalnya kita itu ekspor dari tahun 1999 kemudian 2008 akhir itu kan Euro krisis banget. Kita 80 persen omzet down sedangkan kita harus kerja terus," tutur pria berambut panjang itu.

Roy dalam mempertahankan usahanya, sangat mengandalkan tim kreatif. "Kita punya tim kreatif yang sangat kuat dan terus berinovasi. Jadi setiap ide event dari saya atau dari teman-teman kreatif kita tuangkan dalam sketsa atau desain," ucap Roy.

Karena itu ia tak membuka gerai-gerai di tempat terbuka, tapi lebih menjual produk secara online. "99 persen order kita itu datangnya online dari website kami."

Selebihnya, lanjut Roy modal yang dimiliki bisa disalurkan membayar tim kreatif. "Di samping efiensi kita bisa hemat duit dari gerai lebih baik untuk tim kreatif supaya bisa lebih inovatif," pungkas Roy.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.