Bangunan Mirip Piramida Ditemukan di Gunung Padang

  • Daerah
  • 0
  • 25 Jun 2012 05:58

120625agunung-padang.jpg
Liputan6.com, Cianjur: Tim peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Jakarta menemukan bangunan mirip piramida dalam Gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat. Lokasinya di bawah tanah situs Megalitikum di Desa Giri Mukti, Cianjur. Berdasarkan hasil penelitian pencitraan di bawah permukaan situs Gunung Padang terdapat sebuah bangunan berbentuk tumpukan batu yang tertata rapi.

Diduga piramida itu merupakan gerbang atau pintu. Para tim ahli juga menemukan adanya lapisan dengan resistivity ribuan Ohm-meter berwarna merah dengan tebal sekitar 20 hingga 30 meter miring ke utara. Hal ini mengindikasikan dari kedalaman 20 meter ke atas merupakan struktur bangunan yang dibuat manusia. "Kita menduga bahwa di bawah situs ini ada susunan batuan yang disusun manusia jadi kelihatannya berupa bangunan bahkan ada chambernya, ruangan-ruangan," tutur Danny Hilman Natawidjadja, anggota tim peneliti LIPI.

Tim peneliti menggunakan berbagai macam alat seperti alat geo radar, geol istrik, dan geo magnet. Hari ini, Ahad (24/6), merupakan penelitian terakhir. Mereka sudah meneliti kawasan itu sejak Kamis kemarin.

Situs Gunung Padang diperkirakan sangat luas, terbesar, dan tertua di Indonesia. Ali Akbar, arkeolog mengatakan luas areal diperkirakan bisa mencapai 15 hektare dari 4000 meter persegi pada saat ini. "Berdasarkan penelitian kali ini tidak hanya tangga naik yang dihitung, tidak hanya teras tapi sekelilingnya. Itu struktur semua," jelas Ali.

Penelitian keberadaan situs Megalitikum ini membutuhkan waktu cukup lama. Tim memperkirakan penelitian situs Megalitikum Gunung Padang diperlukan waktu sekitar 10 hingga 20 tahun baca: <a href="http://berita.liputan6.com/read/415565/jejak-megalitik-gunung-padang"><strong>Jejak Megalitik Gunung Padang</strong></a>

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler