Dari Museum Mema Hingga Universal Studio

on

Liputan6.com, Singapura: Setelah sebelumnya dalam jalan-jalan akhir pekan Edisi Singapura kita mengupas tradisi langka perahu naga, sekarang saatnya mengenal lebih dekat kecanggihan teknologi serta keragaman budaya Negeri Singa. Pertama-tama, kita belajar sejarah dulu di Museum Maritim Mema di kawasan Resort World Sentosa. Dari namanya sudah jelas kalau museum ini serba modern dengan fitur yang serba canggih.

Di Museum Mema, pengunjung seolah langsung diajak ikut serta dalam perjalanan sejarah Laksamana Cheng Ho. Ratusan objek tentang perjalanan Laksamana Cheng Ho tersedia. Pelaut muslim terkenal keturunan Tionghoa itu memimpin ekspedisi laut ke penjuru dunia untuk berdagang pada abad ke-14. Salah satu negara yang dikunjungi adalah Indonesia. Tak heran mulai hasil bumi sampai karya seni Nusantara ada di museum ini.

Wahana lainnya adalah kapal asli super besar milik negara Oman bernama Jewel of Muscat yang tenggelam di Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Kapal milik pelaut Arab ini dibangun ulang menggunakan beberapa bagian aslinya yang diambil langsung dari dasar laut Pulau  Bangka. Yang pasti, mulai dari anak-anak hingga dewasa dijamin bakal terhibur di Museum Mema.

Lokasi lainnya yang harus dikunjungi adalah Universal Studio. Untuk sampai di tempat ini kita memang harus menumpang Sentosa Express dulu, kereta monorail yang khusus melayani turis di Sentosa World Resort. Tidak memakan waktu lama, karena cuma punya empat stasiun yang jaraknya sangat berdekatan.

Di bagian depan Universal Studio kita sudah disambut dengan bola dunia Universal Studio berukuran raksasa yang terkenal dan sekaligus jadi objek menarik untuk berfoto. Saat memasuki zona awal, bangunan-bangunan zaman dulu ala Kota New York langsung muncul. Berlanjut kemudian dengan bangunan-bangunan khas Mesir yang berpadu di wahana Revenge of the Mummy.

Belum cukup? Silakan nikmati wahanan Dinosaurus: The Lost World. Ada juga kastil far-far away dalam film Shrek setinggi 39,4 meter. Dan di bagian akhir pengunjung bisa bertemu dengan hewan-hewan lucu dari film animasi Madagascar.

Dari pusat hiburan di Universal Studio, sekarang kita bergeser ke pinggiran Kota Singapura, di mana terdapat kawasan etnis India yang kental dengan nuansa Hindustan. Di Singapura kawasan itu biasa disebut Little India. Sambil berbelanja di tempat ini, kita juga bisa mengintip budaya orang India.

Perjalanan pun berakhir di Patung Merlion, patung singa berbadan ikan yang jadi ikon Singapura. Sampai jumpa lagi di jalan-jalan pagi akhir pekan berikutnya.(ADO)

Suka artikel ini?

0 Comments