Kabut Asap Meluas di Riau

  • Daerah
  • 0
  • 22 Jun 2012 08:35

120622akabut-asap.jpg
Liputan6.com, Pelalawan: Kabut asap yang melanda kawasan Riau daratan dilaporkan saat ini kian meluas. Kawasan yang paling parah di sekitar Taman Nasional Tesso Nilo di Kabupaten Pelalawan. Sejak sepekan terakhir sekitar kawasan tersebut terbakar.

Sejauh ini api belum menyentuh taman nasional. Namun, dikhawatirkan, kebakaran yang melanda lahan gambut akan segera merambat ke taman nasional bila tidak segera dipadamkan.

Selain di sekitar Tesso Nilo/ kebakaran serupa juga melanda 10 dari 13 kabupaten kota di Provinsi Riau. Bahkan, jumlah titik api pada Kamis (21/6) petang mencapai 227 titik. Jumlah tersebut hampir dua kali lipat dari pantauan satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) pada satu hari sebelumnya.

Adapun sejumlah bupati dan wali kota sudah berupaya menurunkan pemadam kebakaran dibantu warga untuk menjinakkan api. Selain telah mengganggu jarak pandang, kabut asap yang ditimbulkan akibat aktivitas pembakaran lahan itu juga berbahaya untuk kesehatan.

Kabut asap pun mulai menyelimuti Kota Medan, Sumatra Utara. Ketebalan asap tampak di gedung gedung bertingkat. Di Bandar Udara Polonia, misalnya, jarak pandang mencapai 3.000 meter. Padahal seharusnya jarak pandang berada dalam rentang 5.000 hingga 7.000 meter.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika cabang Polonia, Medan, mengimbau kepada penerbangan lokal agar tetap waspada. Sebab diperkirakan kabut asap akan semakin tebal dan menganggu jarak pandang. Namun hingga kemarin, operasional Bandara Polonia masih tetap normal.(ANS)

Terpopuler