Sukses

Protes Penambangan Diwarnai Kericuhan

Protes puluhan warga terkait adanya penambangan nikel yang dilakukan salah satu perusahan swasta di wilayah Lowu Lowu, Sora, Bau-bau, Sulawesi Tenggara diwarnai kericuhan.

Liputan6.com, Baubau: Protes puluhan warga terkait adanya penambangan nikel yang dilakukan salah satu perusahan swasta di wilayah Lowu Lowu, Sora, Bau-bau, Sulawesi Tenggara diwarnai kericuhan, Kamis (21/6). Warga yang umumnya nelayan berusaha membubarkan pertemuan antara warga,  pemerintah, serta pihak perusahaan.

Massa yang tidak terima dengan sikap pemerintah yang mendukung perusahaan PT Bis, nyaris adu jotos. Kericuhan pun menjadi tak terhindarkan. Massa menolak pihak perusahaan tersebut melakukan penambangan di wilayahnya. Pasalnya, sejak perusahaan swasta ini beroperasi, terjadi pencemaran lingkungan khususnya pada perairan laut di daerah setempat sehingga mempengaruhi penghasilan para nelayan.

Belum puas dengan dengan aksinya, warga pun kembali mendatangi area penambangan. Di lokasi ini, warga menyegel dan memblokir serta membubarkan paksa proses penambangan yang sementara dilakukan pihak perusahaan.

Aksi warga yang terus diwarnai kericuhan ini akhirnya pihak perusahaan menyepakati tuntutan warga untuk tidak melakukan penambangan. Pihak pemerintah berjanji akan menuntaskan persoalan ini dalam waktu dekat sebelum akhirnya para pengunjuk rasa membubarkan diri. (ALI/YUS) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini