Sukses

Tingkat Elektabilitas Partai Demokrat Merosot

Berdasarkan hasil Lembaga Survei Indonesia atau LSI, Ahad (17/6), menempatkan Partai Demokrat berada di posisi tiga di bawah Partai Golongan Karya dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Liputan6.com, Jakarta: Tingkat keterpilihan atau elektabilitas Partai Demokrat hingga pertengahan 2012 merosot tajam. Semua itu tak lepas dari pengaruh berbagai skandal korupsi dan buruknya kinerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Berdasarkan hasil Lembaga Survei Indonesia atau LSI, Ahad (17/6), menempatkan Partai Demokrat berada di posisi tiga di bawah Partai Golongan Karya dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Tingkat elektabilitas Partai Demokrat kini hanya tersisa 11,3 persen. Sementara Partai Golkar dipilih 20,9 persen disusul PDIP dengan 14 persen. Sisanya di bawah lima persen responden melilih partai lain.

LSI juga mencatat jika penurunan tingkat elektabilitas tak diperbaiki, partai berlambang mercy ini hanya menjadi partai kelas menengah pada pemilu mendatang. Tak hanya itu dukungan terhadap capres dari Partai Demokrat juga lemah dibanding capres lain. Dan calon yang diusung Partai Demokrat terancam hanya menjadi wakil presiden.

Nama Ani Yudhoyono kembali menjadi pilihan teratas responden terkait capres. Namun masih kalah jauh dibandingkan Megawati Sukarnoputri, Aburizal Bakrie, dan kelompok poros tengah Prabowo Subianto.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.