by

Kasus Dubes Australia Dianggap Selesai

  • Politik
  • 0
  • 22 Nov 2000 18:42
Liputan6.com, Jakarta: Kasus penyerangan terhadap Duta Besar Australia John Mc Carthy dua hari silam di Makassar dianggap selesai. Hal itu ditegaskan sendiri oleh Mc Carthy seusai menghadap Wakil Presiden Megawati Soekarnoputri di Jakarta, untuk berpamitan lantaran masa tugasnya di Indonesia hampir berakhir, Selasa (22/11) siang.

Kasus pemukulan yang dilakukan sekelompok masyarakat Timor Timur prointegrasi itu sempat menjadi perhatian para pejabat di Indonesia, bahkan dua menteri telah menyatakan keprihatinannya. Namun, Mc Carthy menjamin, insiden itu tidak akan mempengaruhi hubungan Australia-Indonesia. Menurut Mc Carthy, saat itu, ia sama sekali tidak kena pukul atau tendangan. Memang ada rekannya yang dipukul, namun tindakan itu tidak mengakibatkan luka serius.

Mc Carthy menambahkan, kejadian itu sangat tiba-tiba dan tidak disengaja. Karena itu, pemerintah Indonesia tidak perlu meminta maaf secara resmi. Dubes Australia yang akan kembali ke negaranya itu menganggap kasus tersebut sudah selesai. Ia juga meyakinkan insiden tersebut tidak akan mempengaruhi pandangan pemerintah Australia terhadap Indonesia [Baca: Alwi Tak Jadi Meminta Maaf, 22/11/2000].(HFS/Mira Permatasari dan Satya Pandia)
Comments
Sign in to post a comment