Sukses

Ratusan Buruh Rokok Demo Tuntut Upah Layak

Ratusan buruh pabrik rokok Taji Mas di Kediri, Jawa Timur, berunjuk rasa menuntut pihak perusahaan membayar upah layak.

Liputan6.com, Kediri: Ratusan buruh pabrik rokok Taji Mas di Kediri, Jawa Timur, Selasa (12/6), berunjuk rasa menuntut pihak perusahaan membayar upah layak. Pengunjuk rasa mendesak anggota DPRD memperjuangkan hak-hak buruh yang selama ini diabaikan pihak pengusaha.

Karyawan yang sebagian besar perempuan ini demo ke Kantor DPRD setempat guna mendesak anggota Dewan untuk memperjuangkan hak mereka sesuai UMK. Hingga kini, buruh masih menerima upah di bawah UMR. Selain itu, mereka juga meminta perlindungan kerja lantaran pihak perusahaan seenaknya mem-PHK karyawan tanpa memberi pesangon.

Dalam orasinya, pendemo meminta DPRD dan Dinas Tenaga Kerja setempat membuat perjanjian bersama untuk memperjuangkan nasib buruh. Namun, desakan tersebut tak ditanggapi serius karena tidak adanya pemamanggilan kepada pihak perusahaan. Pihak perusahaan rokok Taji Mas Kediri memperkerjakan sekitar seribu karyawan.(ALI/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini