Sukses

Meski Turun, Foke Tetap Calon Terkaya

Dari hasil rekapitulasi verifikasi tm LHKPN KPK, harga kekayaan calon Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, turun sekitar Rp 2 miliar dari sebelumnya mencapai Rp 62 miliar lebih. Meski demikian, Fauzi Bowo merupakan calon gubernur DKI Jakarta paling kaya.

Liputan6.com, Jakarta: Tim Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara atau LHKPN KPK memeriksa harta kekayaan Fauzi Bowo. Pemeriksaan berlangsi di rumah dinas calon Gubernur DKI Jakarta itu, Jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/6). Pemeriksaan yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 12.00 WIB itu tertutup bagi wartawan.

Dari hasil rekapitulasi verifikasi, jumlah kekayaan Foke, saapan akrab Fauzi Bowo, mencapai Rp 59.389.281 miliar dan US$ 325 ribu. Dilihat dari laporan pertama, total kekayaan Foke turun sekitar Rp 2 miliar dari sebelumnya mencapai Rp 62 miliar lebih. Di kediaman Foke juga terlihat empat mobil mewah, dua sepeda motor besar, serta sejumlah lukisan.

Dari hasil tersebut, Fauzi Bowo merupakan calon gubernur DKI Jakarta paling kaya yang disusul cagub dari jalur independen, Hendardji Supandji, dengan harta kekayaannya sebesar Rp 32 milliar.

Di urutan ketiga ada Joko Widodo alias Jokowi dengan harta Rp 27,2 miliar dan US$ 9.876. Sementara Alex Nurdin menduduki posisi keempat dengan kekayaan Rp 19,4 miliar. Disusul Hidayat Nur Wahid yang memiliki harta Rp 12,1 milliar dan US$ 7.500. Dan terakhir, Faisal Basri yang hanya memiliki harta Rp 4,2 miliar.

Meski seluruh jumlah harta kekayaan sudah didata, KPK tetap mengimbau kepada masyarakat dan media untuk melapor jika menemukan kekayaan para calon gubernur dan calon wakil gubernur yang belum tercatat oleh KPK.(ALI/BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.