Spanyol Akhirnya Dapat Pinjaman dari Eropa

  • Ekonomi & Bisnis
  • 0
  • 12 Jun 2012 07:56

120529beuro.jpg
Liputan6.com, Jakarta: Menteri keuangan zona Eropa sudah setuju meminjamkan 100 miliar euro (Rp 1.200 triliun) kepada Spanyol. Uang itu untuk menyembuhkan bank-bank yang sakit dan Madrid akan menspesifikasikan tepatnya berapa yang mereka butuhkan begitu laporan auditor indepen keluar minggu depan.

Setelah konferensi via telepon selama 2,5 jam dengan 17 menteri keuangan negara-negara Eropa yang dikabarkan berlangsung panas, Eurogroup dan Madrid mengatakan jumlah dana bailout tersebut akan cukup besar untuk menghilangkan segala keraguan.“Jumlah pinjaman harus menutupi perkiraan kebutuhan modal dengan tambahan margin keamanan, diperkirakan totalnya sekitar 100 milyar euro,” tulis Eurogroup dalam pernyataannya, dikutip dari CNBC Senin (11/6).

Spanyol mengatakan butuh bantuan untuk bank-banknya, tapi tidak akan memspesifikasikan jumlah pastinya hingga dua konsultan independen yakni Oliver Wyman dan Roland Berger menyampaikan penilaian tentang kebutuhan modal sektor perbankan sebelum 21 Juni.“Jumlahnya masih bisa ditangani dan dana yang diminta mampu menutupi semua kebutuhan bank-bank Spanyol,” kata Menteri Keuangan Luis de Guindos dalam konferensi pers di Madrid. Negara-negara G7 yang terdiri dari Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Italia, Perancis, Jerman dan Jepang menyambut baik rencana ini.“Menteri-menteri G7 menyambut rencana Spanyol merekapitalisasi sistem perbankannya dan pengumuman Eurogroup yang mendukung otoritas restrukturisasi finansial Spanyol.

Langkah tersebut mencerminkan kemajuan penting seiring gerakan Eropa untuk finansial yang lebih baik dan serikat fiskal untuk memperkuat serikat moneter,” kata G7 dalam pernyataan tertulis yang dirilis oleh Departemen Keuangan Amerika Serikat.Bos IMF mengatakan siap membantu mengawasi bantuan zona Eropa untuk bank Spanyol dan ukuran dana bantuan yang direncanakan itu terlihat cukup. “IMF sudah siap menanggapi undangan dari anggota Eurogroup untuk mendukung implementasi dan pengawasan bantuan keuangan ini lewat laporan reguler,” kata Direktur Utama IMF Christine Lagarde dalam sebuah pernyataan.Menurut Lagarde, rencana zona Eropa untuk menyediakan hingga 100 miliar euro itu konsisten dengan perkiraaan IMF tentang kebutuhan modal bank Spanyol dan harus memberi kepastian jika kebutuhan bank Spanyol terpenuhi.

Permintaan bailout yang dipicu utang buruk sejak meledaknya bubble properti ini merupakan keempat kalinya Spanyol minta bantuan sejak krisis Eropa dimulai. Setelah menyelamatkan Yunani, Irlandia, Portugal dan sekarang Spanyol, Uni Eropa dan IMF sudah mengucurkan sekitar 500 milyar euro untuk dana bailout Eropa.(http://www.vibiznews.com/ARI)
Terpopuler