Sukses

Topeng Blantek Kesenian Khas Betawi

Topeng Blantek adalah kesenian khas Betawi. Kesenian mirip Lenong ini biasanya tampil diiringi musik Gambang Kromong.

Liputan6.com, Jakarta: Nama kesenian Topeng Blantek barangkali belum banyak dikenal orang secara luas. Itulah salah satu kesenian asli Betawi yang menarik untuk disaksikan. Sebutan 'blantek' menurut pelestari Topeng Blantek, Marhasan, berasal dari kata 'blind' dan 'text' yang berarti bahwa para seniman Topeng Blantek tampil tanpa naskah tertulis atau pun arahan sutradara. Para seniman Topeng Blantek tampil dengan mengikuti alur cerita yang berasal dari mereka sendiri.

Topeng Blantek sekilas mirip Lenong. Ciri khas Topeng Blantek diiringi musik Gambang Kromong. Dalam Topeng Blantek antara pemain yang sedang beraksi dan yang akan tampil di pisahkan oleh beberapa bilah kayu pembatas. Ketika para seniman Topeng Blantek sedang tampil selalu ada obor menyala di panggung.

Kesenian Topeng Blantek kini tergolong langka tampil di masyarakat. Cerita biasanya diambi dari kisah-kisah khas Betawi. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.