Sukses

Dua Orang Tewas Akibat Banjir Bandang

Hujan deras yang mengguyur selama berhari-hari memicu banjir dan longsor di Taiwan. Sementara di Cina, banjir bandang menyapu Provinsi Hunan hingga merusak 1500 lebih rumah warga.

Liputan6.com, Nantou: Banjir dan longsor melanda bagian selatan Taiwan setelah hujan deras mengguyur kawasan pegunungan Nantou selama berhari-hari. Curah hujan bahkan mencapai lebih dari 200 milimeter. Dua orang tewas dan seorang lainnya terluka akibat banjir dan tanah longsor ini.

Hujan deras juga mengguyur kawasan Pingtung dan Kaohsiung sehingga membuat dua kawasan tersebut terendam. Arus lalu lintas juga mengalami kekacauan, karena banyak jalan utama terpaksa ditutup. Otoritas setempat telah memerintahkan pengevakusian sekitar seribu warga di wilayah yang direndam banjir.

Sementara di Cina, banjir bandang menyapu puluhan desa dan kota di Provinsi Hunan, Cina Tengah. Selain memicu banjir bandang, guyuran hujan deras juga menimbulkan tanah longsor. Tim penyelamat harus bekerja ekstra menyelamatkan warga yang terperangkap di tengah arus banjir.

Banjir bandang mengakibatkan sekitar 1500 rumah dan 2800 hektare lebih kawasan pertanian rusak. Banjir juga memutuskan aliran listrik dan menimbulkan kekacauan lalu lintas. Sebanyak 26 ribu warga terpaksa dievakuasi dari tempat tinggalnya.(ADI/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.