Sukses

Pemerintah Harus Tuntaskan Tiga Masalah Besar Papua

Wakil Ketua Komisi Pertahanan DPR Tubagus Hasanuddin atau Hasan mengatakan pemerintah seharusnya menyelesaikan tiga masalah besar yang ada di Papua saat ini.

Liputan6.com, Jakarta: Wakil Ketua Komisi I (Bidang Pertahanan dan Keamanan) DPR Tubagus Hasanuddin atau Hasan mengatakan, pemerintah seharusnya menyelesaikan tiga masalah besar yang ada di Papua saat ini. Pertama, menyelesaikan masalah diskriminasi dan marjinalisasi terhadap masyarakat Papua. Kedua ialah menuntaskan gagalnya pembangunan kesejahteraan yang meliputi pendidikan dan kesehatan.

Lantas yang ketiga, imbuh Hasan, menyembuhkan trauma masyarakat atas operasi militer yang dilakukan oleh pemerintah. Setidaknya menurut catatan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu ada 13 operasi pernah dilakukan di Papua.

"Itu diselesaikan pemerintah pusat. Daerah sudah tidak bisa. Harus diselesaikan. Ini kampanye terbaik oleh orang yang tidak setuju Papua bergabung dengan Indonesia," kata Hasan di DPR, Jakarta, Senin (11/6).

Selain itu, Hasan juga mencatat sejak maraknya peristiwa penembakan di Papua, jumlah yang jadi korban sudah mencapai 50 orang lebih. Untuk itu, menurut dia, situasi ini tidak bisa dibiarkan. Dan, pemerintah pusat mesti mengambil alih persoalan.

"Tidak ada satu orang pun ditangkap. Siapa di belakangnya itu semua. Misalnya dilakukan oleh kelompok bersenjata. Teror, supaya tidak aman, berharap asing datang ke sana dan amankan Papua," kata Hasan.(ALI/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.