Sukses

Warga Pacitan Kesulitan Air

Bencana kekeringan melanda kawasan Pacitan, Jatim. Produksi padi berkurang, warga setempat akhirnya mengkonsumsi ketela pohon.

Liputan6.com, Pacitan: Musim kemarau tahun ini mengakibatkan daerah Polo dan Ponorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, dilanda kekeringan. Akibatnya, sawah tadah hujan tak dapat digarap, warga pun kekurangan air. Untuk memperoleh kebutuhan pokok tersebut, warga setempat harus menempuh perjalanan empat sampai tujuh kilometer atau mengantre mulai dari pagi hingga petang hari. "Bantuan dari pemerintah jarang datang, paling cuma seminggu sekali," kata Rusini, awal September ini.

Untuk memenuhi kebutuhan pangan, warga akhirnya mengkonsumsi ketela pohon yang proses pertumbuhannya tak membutuhkan banyak air. "Harapan saya, pemerintah menyalurkan air dengan adil sampai ke desa-desa," ucap warga Desa bernama Agus. Bencana kekeringan saat ini juga tengah melanda kawasan Tabanan, Kendal, dan Banyuasin [baca: Tabanan, Kendal, dan Banyuasin Krisis Air].(MTA/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.