Sukses

Ketika Kloset Kerang Ekspansi ke Seberang

Winda Hengelia berkreasi membuat desain interior untuk pernak pernik kamar mandi dengan nuansa kerang dan benda-benda laut. Karya kreativitasnya mampu menembus pasar dalam dan luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta: Siapa sangka berbagai pernak-pernik dari kerang dan benda-benda laut yang mungkin dianggap tak bernilai ternyata mempunyai nilai ekonomi tinggi dan bahkan mampu berekspansi ke pasaran luar negeri.

Kreativitas akan selalu menghasilkan uang, barangkali itulah yang diyakini Winda Hengelia. Wanita paruh baya itu membuat kloset dan bermacam-macam dekor kamar mandi bernuansa laut. Melihat pasar luar negeri yang sangat menjanjikan, Winda pun kemudian aktif berbisnis ekspor kloset berhiaskan berbagai pernak-pernik laut termasuk kerang buatannya sejak tahun 2000.

Namun dalam perkembangannya pergerakan ekspor kloset kerang ke luar negeri pun mulai lesu. Winda tak mau menyerah begitu saja, ia pun mulai melirik pasar dalam negeri. Sambutan pasar dalam negeri ternyata sangat baik. Dari beberapa pameran, banyak orang yang tertarik untuk memasarkan kembali kloset kerang karya Winda. Tapi dengan melihat potensi pasar dalam negeri itu, tak berarti aktivitas ekspornya seperti ke negara-negara di kawasan Cina, Asia Tenggara, Eropa, hingga ke Amerika Latin menjadi berhenti. Keduanya tetap berjalan seiring.  

Kloset dan berbagai pernak-pernik interior dibuat sesuai dengan desain yang dikerjakan sendiri oleh Winda. Mutu menjadi prioritas utama karya usaha Winda. Semua dikerjakan dengan cara manual. Sementara bahan-bahan hiasan kerang dan berbagai materi laut diperoleh dari para nelayan. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini