Sukses

Batik Motif Teh Maleber dari Cianjur

Di Cianjur, ada batik yang bermotif teh Maleber, yaitu perekebunan teh yang ada di Cipanas. Pembuatan batik ini dikerjakan oleh beberapa siswa SMP terbuka, seusai pulang sekolah.

Liputan6.com, Cianjur: Batik merupakan pakaian khas Indonesia yang memilik berbagai corak dan motif. Di Cianjur, Jawa Barat, ada batik yang bermotif teh Maleber, yaitu perekebunan teh yang ada di Cipanas, Cianjur. Pembuatan batik teh Maleber ini kebanyakannya dikerjakan oleh beberapa siswa sekolah menengah pertama terbuka, seusai pulang sekolah.

Kebanyakannya siswa-siswi yang tidak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi karena alasan ekonomi ini berkarya secara berkelompok. Pertama-tama kain polos yang berwana putih didesain dengan ciri khas gambar bunga teh, menggunakan cantingan yang memakai tinta. Setelah seluruh bagian kain selesai digambar, dicelupkan ke dalam air pewarna dalam bak yang telah disiapkan.

Setelah proses pewarnaan selesai, kemudian bahan batik dijemur dan ditiriskan. Agar motif dan warna batik khas bunga teh Maleber terlihat lebih kontras dan mempunyai seni tersendiri. Sedangkan ide mulanya pembuatan batik bunga teh yang baru satu tahun ini didasari atas kecintaan Hendi Supriadi terhadap batik.

Meski batik bunga teh belum terkenal, berbagai kiat dilakukan para pengrajin agar hasil karyanya dapat diterima masyarakat. Hendi, misalnya, memberi harga promosi yang bervariatif, mulai dari Rp 70 ribu hingga Rp 200 ribu per lembar, tergantung motif dan warna. Hendi berharap pemerintah mau membantu bakat yang dimiliki generasi muda di Kampung Maleber, agar batik bunga teh maleber menjadi batik nasional.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini