Aktivis Klaim Tentara Suriah Bantai 78 Warga

  • Internasional
  • 0
  • 07 Jun 2012 12:27
Liputan6.com, Damaskus: Perlawanan oposisi terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad menelan semakin banyak korban dalam beberapa bulan terakhir. Aktivis dan oposisi melalui rekaman video amatir yang diunggah ke internet menunjukan tewasnya puluhan warga yang diklaim sebagai korban pembantaian tentara Suriah.

Melalui video amatir yang diunggah ke internet, aktivis dan oposisi Suriah mengkliam tentara Suriah dan milisi propemerintah telah membantai 78 orang, termasuk anak-anak di Kota Hama, Kamis (7/6).

Beberapa di antara para korban di Desa Mazraat al Qabeer tewas karena ditusuk, dan sedikitnya 12 jasad dibakar. Kepada Kantor Berita Reuters, para aktivis menyebut 40 di antara para korban tewas adalah perempuan dan anak anak.

Pembantaian ini hanya berselang dua pekan dari pembantaian di Kota Houla yang menewaskan 108 orang termasuk anak anak. Tentara Suriah diketahui tengah menggempur Mazraat al Qabeer dan desa di sekitarnya yang berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Hama.

Pembantaian di Houla dan Hama ini terjadi meski PBB telah mengirimkan 300 personel pasukan yang bertugas mengawasi kesepakatan gencatan senjata antara tentara pemerintah dengan kelompok perlawanan Suriah.

Aktivis Suriah meminta segera dilakukan penyelidikan atas peristiwa di Hama. Sementara pemerintah Suriah belum memberikan komentar atas video ini.

Di Sulawesi Barat, keluarga TKI yang mengadu nasib ke Suriah cemas menyusul memanasnya konflik di Suriah. Meski sempat berkomunikasi melalui majikannya di Suriah beberapa hari lalu, keluarga berharap anaknya dapat segera pulang.

Saat ini terdapat sekitar 12.000 WNI di Suriah dan sebagian besar di antara mereka adalah pekerja migran dan sebagian lainnya adalah pelajar.(MEL)

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler