Sukses

'Lukisan' Seni Kontemporer Unik dari Mojokerto

Rongsokan barang elektronik yang selama ini dianggap sebagai limbah ternyata bisa dibuat 'lukisan' yang unik. Mulai dari karya seni berwujud alat-alat transportasi, robot, hingga kupu-kupu.

Liputan6.com, Mojokerto: Menciptakan karya seni layaknya seperti melukis menggunakan komponen dari berbagai barang elektronik membutuhkan keterampilan tersendiri. Setiap komponen harus sesuai dengan model 'lukisan' yang akan dibuat. Bahkan, jika perlu harus dibongkar pasang dulu agar karya seni itu tampak pas dan indah. Setelah cocok dengan ide barulah setiap komponen itu ditempel dengan lem besi.

Khusnul, warga Mojokerto, Jawa Timur mengungkapkan bahwa dirinya telah menekuni seni kontemporer elektronik ini sejak duduk di bangku SMP, tepatnya pada 1978. Sebuah karya 'lukis' buatannya membutuhkan waktu dua sampai tiga hari untuk menyelesaikannya. Namun, semua tergantung pada tingkat kesulitan masing-masing karya.

Karya seni 'lukis' Khusnul bisa laku terjual hingga ke Negeri Cina. Harga 'lukisan' karyanya ditawarkan mulai Rp 50 ribu hingga Rp 10 juta. (ASW/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.