Sukses

KPK Verifikasi Kekayaan Jokowi

Tim KPK memverifikasi calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di rumah dinasnya di Solo, Jawa Tengah. Hasil verifikasi akan diumumkan 14 Juni mendatang.

Liputan6.com, Jakarta: Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memverifikasi calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di rumah dinasnya di Solo, Jawa Tengah, Selasa (5/6). Di hadapan tim, Jokowi menandatangani sejumlah berkas, yang salah satunya berisi jumlah kekayaan milik Wali Kota Solo itu.

Dari surat laporan kekayaan, Jokowi mempunyai kekayaan sebanyak Rp 27,2 milyar dan USD 9.800. Kekayaan Jokowi meningkat Rp 9 milyar dibandingkan laporan tahun 2010 lalu.

Tim verifikasi juga mendatangi kediaman calon perseorangan Hendardji Soepandji di Jakarta Selatan.  Mantan Komandan Pusat Polisi Militer yang maju berpasangan dengan Ahmad Riza Patria itu mempunyai kekayaan lebih dari Rp 32 milyar, atau meningkat lebih dari Rp 20 milyar dibandikan laporan dua tahun yang lalu.

Selain kedua cagub, tim KPK juga memverifikasi kekayaan calon Wakil Gubernur Nono Sampono. Mantan Komandan Marinir itu memiliki harta kekayaan Rp 13,7 miliar.

Verifikasi harta kekayaan juga akan dilakukan terhadap calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta lainnya. Hasil verifikasi akan diumumkan 14 Juni mendatang.

Verifikasi harta kekayaaan para calon gubernur dan wakil gubernur itu merupakan kewajiban sebelum yang bersangkutan menduduki jabatan publik. Verifikasi harta kekayaan juga bagian dari proses yang sedang berjalan hingga pemilihan gubernur digelar pada 11 Juli mendatang.(SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.