Sukses

Jika Diperlukan, AS Siap Serang Iran

Jika Iran tetap mengembangkan nukir yang membahayakan dunia, Amerika Serikat siap menyerang Iran. Namun, Iran tetap menyatakan bahwa program nuklirnya tersebut tidak untuk menghancurkan dunia, melainkan untuk perdamaian.

Liputan6.com, Jerusalem: Amerika Serikat bersiap untuk menyerang Iran jika diperlukan. Demikian dinyatakan Kedutaan Besar AS di Israel menjelang dialog nuklir antara negara P5 + 1 (negara Dewan Keamanan PBB ditambah Jerman) dengan Iran di Istanbul, pada 23 Mei mendatang.

"Cara terbaik untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan jalan diplomatik atau menggunakan kekuatan militer. Dua pilihan tersebut sudah siap, tinggal dipilih saja," ujar pejabat Duta Besar AS Dan Shapiro, dalam sambutannya tentang Iran yang disiarkan Radio Militer Israel, Kamis (17/5).

Sama seperti Israel, AS telah mempertimbangkan kekuatan militer sebagai jalan terakhir untuk mencegah pengayaan bom nuklir Iran. Kendati demikian, Iran tetap menyatakan bahwa program nuklirnya tersebut tidak untuk menghancurkan dunia, melainkan untuk perdamaian.

Sebelumnya, AS, Inggris, Perancis, Rusia, Cina dan Jerman telah memberikan sanksi dan mencoba bernegosiasi untuk membujuk Iran agar menghentikan pengayaan uranium nuklirnya. Namun, upaya tersebut tidak menemui solusi.(Reuters/IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini