Sukses

Posko Logistik Cimelati Dukung Operasi Tim SAR

Keberhasilan tim SAR mengevakuasi korban dan juga instrumen penerbangan pesawat Sukhoi Superjet 100 tak lepas dari dukungan logistik yang dipasok dari Posko Cimelati, Sukabumi, Jawa Barat.

Liputan6.com, Sukabumi: Keberhasilan tim SAR mengevakuasi korban dan juga instrumen penerbangan pesawat Sukhoi Superjet 100 tak lepas dari dukungan logistik yang dipasok dari Posko Cimelati, Sukabumi, Jawa Barat. Di posko ini, petugas menyiapkan peralatan dan makanan bagi tim SAR di puncak Gunung Salak.

Di posko ini pula, anggota tim SAR yang baru kembali dari puncak, harus menjalani pemeriksaan kesehatan. Sejauh ini, tim SAR telah mengevakuasi 30 kantung jenazah, termasuk properti milik korban. Tak hanya itu, alat komunikasi serta kotak hitam pesawat pun sudah ditemukan.

Setelah diserahkan kepada pihak Basarnas, black box pesawat Sukhoi Superjet 100 segera dibawa ke laboratorium KNKT di Jakarta. Kotak berisi Cockpit Voice Recorder (CVR) itu tiba di Lanud Halim PK Jakarta, sekitar pukul 10.00 WIB. Alat ini merekam suara di kokpit pesawat selama dua jam terakhir, termasuk percakapan pilot dan kopilot.

KNKT bersama tim dari Rusia akan menerjemahkan semua percakapan yang terekam meski kondisi kotak tersebut telah hangus terbakar. Ketua tim investigasi Sukhoi KNKT, Mardjono Siswosumarno, mengatakan proses penerjemahan data diperkirakan akan memakan waktu satu hingga dua pekan. (ASW/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini