Sukses

Kotak Hitam Dibawa ke Laboratorium KNKT

Setelah diserahkan pihak Badan SAR Nasional, kotak hitam atau black box pesawat Sukhoi Superjet 100 segera dibawa ke laboratorium KNKT di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta: Setelah diserahkan pihak Badan SAR Nasional. kotak hitam atau black box pesawat Sukhoi Superjet 100 segera dibawa ke laboratorium Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) di Jakarta, Rabu (16/5).

Kotak Cockpit Voice Recorder (CVR) itu tiba di Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta, sekitar pukul 10.00 WIB. Alat ini merekam suara di  kokpit pesawat selama dua jam terakhir, termasuk percakapan pilot dan kopilot.

KNKT bersama tim dari Rusia akan menerjemahkan semua percakapan yang terekam meski kondisi kotak tersebut telah hangus terbakar. Ketua tim investigasi Sukhoi KNKT, Mardjono Siswosumarno, mengatakan proses penerjamahan data diperkirakan akan memakan waktu satu hingga dua pekan.

Hingga kini, tim evakuasi masih mencari satu kotak hitam yang belum ditemukan yaitu Flight Data Recorder (FDR). Alat ini merekam data penerbangan pesawat sebelum kecelakaan. (APY/YUS)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.