Sukses

Novelis Carlos Fuentes Tutup Usia

Carlos Fuentes, yang memainkan peran penting dalam kesusastraan Amerika Latin meninggal dunia, Selasa (15/5) waktu setempat di sebuah rumah sakit di Mexico City. Ia meninggal dunia di usia ke-83.

Liputan6.com Mexico City: Carlos Fuentes, yang memainkan peran penting dalam kesusastraan Amerika Latin meninggal dunia, Selasa (15/5) waktu setempat di sebuah rumah sakit di Mexico City. Ia meninggal dunia di usia ke-83.

Seperti dikutip Associated Press, pihak Badan Kebudayaan Seni Meksiko juga sudah mengonfirmasi kabar kematiannya.

Fuentes menulis novel pertamanya Where The Air is Clear pada usia 29, yang menjadi awal keberhasilannnya sebagai penulis sastra. Lalu, The Death of Artemio Cruz, sebuah novel tentang situasi Meksiko pasca-revolusi, juga melambungkan nama Fuentes. Karya klasik Fuentes lain adalah Aura, Terra Nostra, dan The Good Conscience.

Para pembaca Amerika Serikat kebanyakan mengenal Fuentes lewat The Old Gringo, sebuah novel tentang jurnalis Ambrose Bierce, yang hilang pada masa Revolusi Meksiko 1910-1920. Kemudian, novel itu diangkat ke layar lebar dengan dibintangi Gregory Peck dan Jane Fonda.

Fuentes beberapa kali mendapatkan nominasi untuk Nobel sastra. Selain novel, ia juga menulis naskah drama, cerita pendek, esai dan kritik. (YUS)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.