Sukses

Puluhan Tengkorak Manusia Ditemukan di Blitar

Warga Bakung, Blitar, Jatim, bersama tim dari Yayasan Perdamaian menemukan sejumlah tengkorak manusia di sebuah lubang tikus. Diduga, tengkorak tersebut adalah korban keganasan PKI.

Liputan6.com, Blitar: Kebiadaban dan keganasan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G-30S-PKI) ternyata tak hanya dilakukan kepada para jenderal di Lubang Buaya, Jakarta Timur. Rupanya, PKI juga merajalela di sebuah kawasan di Jawa Timur. Ini terbukti setelah Yayasan Perdamaian menemukan sejumlah kerangka manusia di sebuah luweng atau lubang tikus di kawasan Roworejo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Jatim, Kamis (22/8). Diduga, tengkorak tersebut korban pembantaian PKI.

Penggalian yang dilakukan sejak 12 Agustus silam telah menemukan 41 tengkorak manusia bagian rahang. Tengkorak-tengkorak itu ditemukan di kedalaman sekitar 25 meter. Penemuan kerangka manusia itu berawal dari keingintahuan warga setempat atas cerita orangtua mereka. Disebutkan, pada 1965-1968 tempat banyak korban atau mayat yang dibunuh PKI dibuang ke tempat tersebut. Karena itu, warga bersama tim dari Yayasan Perdamaian kemudian menggali luweng tersebut hingga ditemukan tengkorak manusia.

Namun hingga kini, warga belum mengevakuasi tengkorak tersebut. Sebab, selain belum ada perizinan dari pemerintah daerah setempat, juga karena keterbatasan peralatan. Apalagi, medan ke luweng tadi cukup berat. Sementara ini, warga sekitar menjaga kawasan tersebut untuk menghindari sesuatu yang tak diinginkan. Warga juga telah menyediakan lahan seluas 1.500 meter persegi untuk kuburan massal tengkorak.(DEN/Agus Ainul Yaqin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini