Sukses

Protes Penahanan Kades, Warga Datangi Kejaksaan

Ratusan warga Desa Kandangan, Lumajang, Jawa Timur, berunjuk rasa ke kantor kejaksaan setempat memprotes penjemputan paksa kepala desa mereka oleh Kejari Lumajang.

Liputan6.com, Lumajang: Ratusan warga Desa Kandangan, Lumajang, Jawa Timur, Senin (7/5) malam berunjuk rasa ke kantor kejaksaan setempat dengan mengendarai puluhan truk. Aksi ini dilakukan warga setelah tersiar kabar kepala desa mereka, Samsuri, dijemput paksa pihak kejaksaan. Penjemputan paksa dilakukan lantaran Samsuri diduga menyalahgunakan tanah desa seluas 14 hektare.

Menurut warga, dalam kasus tersebut Samsuri sudah diputus tidak bersalah yang diperkuat dengan putusan bebas Mahkamah Agung. Kedatangan mereka ingin mempertanyakan keberadaan kepala desa mereka dan menanyakan alasan penjemputan paksa. Namun, akibat salah paham, aksi warga sempat diwarnai baku pukul antarpendukung kepala desa.

Setelah mendapat kepastian bahwa Samsuri tidak ada di kejaksaan, warga akhirnya meninggalkan Kantor Kejaksaan Negeri Lumajang. Namun, sejumlah massa yang tidak puas sempat memblokade akses jalan Lumajang-Surabaya.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.